Pengantar Moderator

Pengantar Moderator

Beragam Penyebutan Nama Chassis Semitrailer di Indonesia

CVZ | Commercial Vehicle Zone | 8:26 PM | 0 comments

Mungkin tidak banyak yang familiar dengan istilah Chassis Semitrailer. Tidak hanya masyarakat awam, bahkan yang bergerak di bidang transportasi pun kadang jarang mendengarnya. Sebenarnya, apa sih Chassis Semitrailer itu ?
Inilah salah satu contohnya  ↓

Chassis Semitrailer Rangka 40 feet 2 Axle

Setelah melihat gambar di atas, sepertinya akan banyak yang berpikir dalam hati, “Loh kalau ini sih saya tahu, ini kan . . . . . . “.
Lalu, pertanyaan yang biasa muncul adalah “Kalau banyak yang belum tahu tentang nama Chassis Semitrailer, lalu biasanya disebut apa dong ?”
Sebelum membahas itu, mari kita melihat darimana sebenarnya kata Chassis Semitrailer ini sebenarnya adalah istilah yang biasa digunakan di dunia internasional. Semitrailer, menurut MM, adalah pasangan antara Head Tractor yang menarik pengangkut agar dapat mengangkut muatan sesuai dengan fungsinya. Pengangkut yang ditarik inilah yang disebut Chassis Semitrailer, yang terlihat pada gambar di atas.
Seperti janji kami di atas, dan kami tidak pernah ingkar janji, berikut adalah istilah yang biasa disebutkan saat membahas Chassis Semitrailer, menurut survey kecil – kecilan yang diadakan MM Karoseri :

1. Ekor
Ekor, mungkin karena Chassis Semitrailer selalu mengekor Head Tractor sehingga disebut ekor. Biasanya istilah ini digunakan oleh yang beraktivitas di daerah Tanjung Perak, wilayah Jawa Timur, Kalimantan dan Papua.

2. Buntut
Buntut adalah bahasa Jawa dari ekor. Sop Buntut, mungkin menjadi referensi paling mudah bagi yang tidak paham bahasa Jawa. Banyak digunakan oleh yang sering menggunakan bahasa Jawa dalam kesehariannya.

3. Gandengan
Kalau istilah gandengan, bisa jadi saat dicetuskan pertama kali sambil melamun dan ada Semitrailer yang melintas di depannya, menunjukkan Head Tractor dan Chassis Semitrailer yang ber”gandengan” dan berjalan menyusuri jalan aspal berdebut bersama – sama :) Namun istilah ini kadang membuat beberapa orang bingung dan tertukar penyebutannya dengan bak gandengan atau truk gandeng. Truk gandeng juga memiliki istilah internasional, yaitu Trailer. Pengertian Trailer adalah truk yang mengangkut muatan sambil menarik pengangkut muatan lain yang tidak dapat bergerak sendiri. Beberapa yang menyebut gandengan, berasal dari area Jawa Tengah dan sebagian Kalimantan.

4. Trailer
Kemungkinan besar, istilah ini digunakan untuk mempersingkat penyebutan Chassis Semitrailer, tetapi sebenarnya istilah Trailer mengacu pada truk gandeng. Namun, seiring berjalannya waktu, Trailer “dikukuhkan” sebagai Chassis Semitrailer dan penggunaannya tersebar dari Sabang sampai Merauke.

5. Chassis
Salah satu upaya penyingkatan nama Chassis Semitrailer yang paling mendekati makna sebenarnya. Beberapa daerah yang mengenali istilah ini adalah sekitaran Bali-Nusa Tenggara, Jawa Barat dan di sekitar Jakarta. Namun, Chassis sendiri bisa berarti kerangka dari suatu kendaraan, jadi penggunaan istilah ini tetap harus sesuai dengan konteksnya.

6. Gabungan Istilah di Atas
Beberapa contoh yang sering terucap adalah ekor trailer, ekor gandengan, gandengan trailer, chassis gandengan, chassis trailer, dan sebagainya.

sumber :
http://mmkaroseri.com/newtest/chassis-ekor-buntut-atau-gandengan/

Category: ,

About GalleryBloggerTemplates.com:
GalleryBloggerTemplates.com is Free Blogger Templates Gallery. We provide Blogger templates for free. You can find about tutorials, blogger hacks, SEO optimization, tips and tricks here!

0 comments